Wisata Pulau Lima

By admin inistrator

Penulis : Dauna Rianto

 

Wisata Pulau Lima.

 

Pulau Lima di Propinsi Banten secara geografis letaknya di sebelah barat Kota Serang. Pulau ini sangat kecil untuk ukuran sebuah pulau, hanya seluas 3,5 hektare, tetapi menyimpan keindahan alam yang sangat mempesona. Kosong tak berpenghuni dan belum dialiri listrik. Pantainya landai, berpasir putih dan bersih. Air lautnya jernih sehingga bisa dilihat dasar di dalamnya, memandang terumbu karang dan ikan warna-warni yang kadang melintas di bibir pantai.

 

Pulau ini bisa menjadi tujuan wisata di Kota Serang. Dengan suasana yang sunyi, jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk kota, tempat ini sangat cocok bagi pasangan muda yang tengah dilanda romantisme untuk berbulan madu di sini atau pun bagi keluarga untuk sekedar berlibur bersama.


Bagi mereka yang senang bertualang, backpackeran, camping atau suka memancing di laut dengan suasana asri alami inilah tempat yang teramat layak untuk dikunjungi.Tempat ini juga merupakan surga bagi para pilot drone yang hobi berburu sunset dan sunrise.

 

https://docs.google.com/drawings/d/s4NaSvejjSU66-uqJhW2aNQ/image?w=504&h=259&rev=11&ac=1

 

https://lh5.googleusercontent.com/Ht5uNbkVKNrZ8jOw0AXkCdigb9WKK66F0nrigVfSdV5ayTdo8nJZu1kmg5cSZ29WC5WQyxQ9kGH0hin7iU3gCgsbvk86MLg3i_VXdjPrri1pDcTt7E4JecAvAqUXRxgOfoxZQYsV

https://lh5.googleusercontent.com/nM-d0z_yaCEplSKoP0a5dzdS1p4IqVSgolxgpCjSkRON7_S5zPkKy8jADNjDlYjplHKe6Z_y2l9ymwxwCIPptrSdNNy7Se7vvhBK53CJDLvhWdU_p94Jse2jfouZMzTVSBwz-TM-

PulauLima

 

 

Cara menuju ke Pulau Lima.

Bagi mereka yang bertempat tinggal di luar Kota Serang, apabila menggunakan kendaraan mobil bisa keluar dari pintu tol Serang Timur atau Serang Barat. Sedangkan bagi yang berkendaraan motor anda harus masuk ke Kota Serang terlebih dahulu. Dari Kota Serang perjalanan dilanjut menuju ke Dermaga Karangantu lama perjalanan ditempuh lebih kurang 1 jam 30 menit.

 

https://lh5.googleusercontent.com/6to0yYVMDgmINnd4XqJ9qP3fAi8mhrkNtMcfHdPm_juWx1LfNZNp-6Yl48g6fiVo5OiI6dqOrx6t3VzKTTpMFRD9CQdXQK4YqtnToT72P22CjGEz07zdFSUZVthUraNZciRwAYY8

Dermaga Karangantu

https://lh6.googleusercontent.com/FiY8FJFPKmQ0ZZQonhjRWwTVFuKniGig2nd4TVu_f7-4weMfDXF_pucLQVIjh-e2tULUQuvzLhYFDaIj_hdAO33Z7H94NFWwWlNKzDB3ascv_tSYcQjYOzJPq3O9a84TxuBdgYUS

Dermaga Karangantu

 

Transportasi penyeberangan dari Dermaga Karangantu menggunakan kapal nelayan yang dimodifikasi dengan menambahkan kursi penumpang. Menempuh perjalanan laut sekitar 20 menit. Kapasitas tempat duduk maksimum untuk 10 orang. Wisatawan yang melancong ke Pulau Lima harus merogoh kocek Rp 250ribu untuk sewa perahu antar-jemput atau pergi-pulang. Semakin banyak jumlah rombongan akan semakin kecil biaya yang harus dikeluarkan per orangnya untuk perjalanan p.p. Ditambah biaya tiket masuk dan asuransi Rp. 10ribu/orang.


Setelah menapaki jembatan dermaga sepanjang 100 meter, nampak bangunan-bangunan sederhana yang terbuat dari kayu berdiri di atas pasir putih.

 

https://lh3.googleusercontent.com/tas0sOU-62WVCQSvKtwyGlhNvdX_x3NaMyz-iyMHkqSWNKjOSW-ApkpA065xtbEwoYFKHZ1_T5PpGvm0ZLpa-vCk0pgTOwJv4s0iwHu_TcTStwGkQz-jH8qZyaC1eOIoT2B6bGi6

Dermaga Pulau Lima

 

Hanya ada tiga bangunan rumah panggung yang untuk disewakan. Di lantai atas terdapat 2 kamar tidur, satu ruang keluarga/ruang terbuka yang lumayan besar ukurannya. Kamar mandi dan dapur letaknya di lantai bawah panggung. Rumah ini disewakan seharga Rp. 400ribu per malamnya. Kapasitas hunian idealnya maksimal 10 orang.

 

Selain dari 3 rumah tersebut ada juga beberapa warung kecil yang menjual minuman dingin, makanan kecil serta kebutuhan lain seadanya; WC umum, dan 6 gazebo di sekitar bibir pantai dan 1 musholla.

 

Bagi para pengunjung yang tidak bermalam di pulau ini dapat menyewa gazebo untuk tempat berteduh/beristirahat selama berada di sana. Sewa masing-masing gazebo bervariasi Rp. 50ribu yang kecil (ideal untuk 4 orang) dan yang ukuran lebih hesar Rp. 80ribu (bisa untuk 10 orang).

 

https://lh3.googleusercontent.com/dno9TTztO4lgEPr6GzjbMv0Bdj7-lI4-Ya3psU6n0Do0ExpLi4g7-KgDVC7iVW67cn4RaD1l6TnXKbJfyNn6Th8OUj3fYC6mr-LS6CJuVD3GJtOqOYkZDZCeECPdJbDq0GALZsOV

Gazebo besar

 

Pulau tersebut nampak belum siap sepenuhnya sebagai destinasi wisata, karena masih minimnya sarana dan prasarana, terutama ketersedian air tawar bersih untuk mandi dan bilas setelah bermain di pantai. Belum tersedia Posko pengamanan/pertolongan apabila terjadi hal-hal yag tidak diinginkan atau ada pengunjung mendadak sakit yang memerlukan segera.

Tempat ini baru mulai ramai dikunjungi wisatawan sekitar awal tahun 2017. Itu pun cuma pada Sabtu dan Minggu saja banyak yang datang. Menurut keteranhan dari salah seorang pedagang di sekitar Pulau Lima, warga Karangantu.

Hal hampir senadapu dikatakan seorang pemandu kapal bahwa keramaian wisatawan yang datang ke Pulau Lima hanya hari libur saja. Selain mengantar dan menjemput ke Pulau Lima, tidak sedikit pendatang yang hanya naik kapal hanya sekadar keliling pulau. Bahkan dibanding wisatawan yang pergi ke pulau masih lebih banyak yang hanya berperahu keliling pulau. Kalau untuk keliling pulau, tarifnya hanya Rp. 10ribu/orang.

 

Jakarta, 5 Mei 2018

Dauna Rianto

 

Detail

Category

Destination


Tag